Tinggalkan Arab Saudi, Ela Lastari TKW Disekap Majikan Tiba ke Jakarta Hari Ini : Okezone News

GARUT – Ela Lastari (39), TKW asal Garut yang hilang karena disekap majikan di Arab Saudi akhirnya pulang ke Tanah Air. Ia dikabarkan berangkat meninggalkan Arab Saudi pada Sabtu 12 Agustus 2023 waktu setempat dan dijadwalkan tiba di Jakarta pada hari ini, Minggu (13/8/2023) siang.




Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat Enjang Tedi mengatakan, dalam perjalanan pulang ke Indonesia Ela Lastari akan transit terlebih dahulu di Oman. Menurut Enjang Tedi, Ela Lastari tidak menggunakan penerbangan langsung dari Arab Saudi ke Indonesia.

“Kalau dilihat di tiket itu berangkat pukul 21.00-an lebih kemudian transit di Oman. Kemudian sampai di Jakarta itu besok jam 13.20-an, kemudian ada proses di bandara, itu yang membuat lama perjalanannya,” kata Enjang Tedi, saat dihubungi MNC Portal Indonesia (MPI).

Ia menambahkan kepulangan Ela Lastari bukan penerbangan langsung dari Arab Saudi ke Indonesia karena mesti transit terlebih dahulu. Ia menyebut bahwa Ela Lastari kemungkinan menggunakan pesawat dari maskapai asing.

“Kalau perjalanan langsung itu dari Arab Saudi ke Indonesia kurang lebih 9 jam, karena transit dahulu baru akan tiba di Jakarta itu besok siang, kurang lebih sekitar pukul 13.20 WIB,” ujarnya.

Enjang Tedi sendiri tidak bisa merinci detail terkait tiket dan sumber biaya yang digunakan dalam kepulangan Ela Lastari ke Tanah Air.

“Saya belum tahu detail soal tiket seperti dibiayai siapa dan bagaimana. Nanti BP2MI yang bisa spesifik menjawab. Kalau ke Garut mungkin nanti difasilitasi BP2MI,” ujarnya.

Baca Juga: Dorong Desa Wisata, Pertamina Luncurkan Wajah Baru Balkondes Wringinputih


Follow Berita Okezone di Google News

Baca Juga  Nunung Bahagia Bakal Jalani Kemoterapi Terakhir : Okezone Celebrity


Menurutnya, proses pemulangan Ela Lastari dari Arab Saudi ke Indonesia memakan waktu kurang lebih 3 bulan, yakni sejak ditemukan pada pertengahan Juli 2023 lalu usai sebelumnya disekap majikan.

Ia mengatakan lamanya waktu kepulangan Ela Lastari tergolong cepat bila dibandingkan dengan Pekerja Migran Indonesia (PMI) bermasalah lainnya. “Kepulangan Ela tergolong cepat dibandingkan dengan PMI bermasalah lain,” ucapnya.

 BACA JUGA:

Seperti diketahui, keberadaan Ela Lastari sempat misterius karena pihak keluarga tak bisa menghubunginya selama berbulan-bulan. Sepekulasi hal buruk menimpanya pun sempat muncul karena saat ia terakhir kali berkomunikasi sebelum hilang kontak dengan puteri sulungnya, Anjani Pebriani, Ela Lastari mengaku tidak betah dan ingin pulang.

 BACA JUGA:

Majikannya kemudian memberikan keterangan palsu pada Polisi Arab Saudi, bahwa Ela Lastari telah kabur meninggalkan rumah. Namun pada kenyataannya, TKW asal Kampung Cikondang, Desa Tanjungkamuning, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, ini disekap majikannya di suatu tempat, hingga akhirnya ditemukan otoritas keamanan Arab Saudi.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *