Shin Tae-yong Siap Tangani Timnas Indonesia U-23 dan Senior, Roberto Mancini Menolak saat Diberi Tanggung Jawab Lebih : Okezone Bola

PELATIH Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki sikap yang berbeda dengan eks pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini. Bedanya, Shin Tae-yong siap tangani Timnas Indonesia U-23 hingga senior, sedangkan Roberto Mancini menolak saat diberi tanggung jawab lebih di Timnas Italia.

Sebagaimana diketahui, Roberto Mancini telah resmi mengundurkan diri dari pelatih Timnas Italia pada Minggu, 13 Agustus 2023 malam WIB. Keputusan ini sangat mengejutkan karena sang juru taktik 58 tahun itu masih terikat kontrak bersama Gli Azzurri –julukan Timnas Italia– hingga 30 Juni 2026.



Baru-baru ini, Roberto Mancini buka suara terkait alasannya angkat koper lebih awal dari kursi pelatih Timnas Italia. Ahli strategi berpaspor Italia itu justru menyalahkan Presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC), Gabriele Gravina, atas kepergiannya secara tiba-tiba.

Dalam laporan Football Italia, Roberto Mancini awalnya diberi peran baru oleh FIGC, yakni sebagai koordinator Timnas Italia level U-20 dan U-21. Namun, ia merasa keberatan ketika diminta menjadi koordinator Timnas Italia U-21 tersebut.

Sebab, Roberto Mancini menilai hal itu bisa menjadi cara untuk memecah belah staf kerjanya. Terlebih, sejumlah staf pelatih Roberto Mancini di Timnas Italia senior lebih banyak ditugaskan di tim U-21. Sehingga, dia merasa tidak mendapat dukungan dari FIGC.

“Gravina telah mencoba selama setahun untuk merevolusi staf saya,” ungkap Roberto Mancini, mengutip dari Football Italia, Selasa (15/8/2023).

“Saya mencoba mengatakan kepadanya bahwa paling banyak dia dapat menambahkan beberapa wajah baru, tetapi dia tidak dapat mengambil dua anggota dari grup yang berhasil dan telah menang. Jika ada, seharusnya saya yang memutuskan untuk mengganti anggota staf saya,” lanjutnya.

Baca Juga  Viral Aksi Kucing-Kucing Lucu Ikut Lomba 17 Agustus : Okezone Lifestyle


Follow Berita Okezone di Google News


Roberto Mancini juga mengisyaratkan bahwa dia berharap untuk mengirim pesan kepada Gravina tentang betapa buruknya keadaan ini. Akan tetapi, FIGC lebih dulu disebut mengambil kesempatan untuk menyingkirkannya.

“Gravina untuk sementara memikirkan hal-hal yang sangat berbeda dari saya. Saya disingkirkan murni karena keputusan saya. Saya ingin mengirim sinyal kepada Presiden, dia bisa saja membantu saya jika dia mau,” tambahnya.

Shin Tae-yong

Lebih lanjut, Roberto Mancini juga menegaskan dia ingin menghilangkan klausul dalam kontrak yang memungkinkan FIGC memecatnya jika dia gagal bawa Italia lolos ke Piala Eropa 2024. Namun, situasinya saat ini tidak berjalan sesuai harapan.

“Saya hanya meminta itu agar saya memiliki kedamaian dan ketenangan selama beberapa bulan ke depan. Jelas, saya akan pergi jika keadaan tidak berjalan baik dan kami gagal lolos,” tegas Mancini.

Sikap Roberto Mancini itu jelas berbeda dengan apa yang dilakukan oleh Shin Tae-yong. Tercatat, sejak Shin Tae-yong dikontrak oleh PSSI pada awal Januari 2020, juru taktik asal Korea Selatan tersebut selalu siap ketika ditugaskan menangani Timnas Indonesia U-19, U-20, U-23, hingga senior.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *