Semakin Dini Kanker Diobati, Dokter: Harapan Hidupnya Makin Besar : Okezone health

PENYAKIT kanker hingga kini masih menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang. Salah satunya kanker payudara yang dianggap jadi momok para wanita. Meski demikian, penyakit tersebut sebenarnya dapat diatasi secara optimal. Fakta menunjukkan bahwa tidak sedikit pasien berhasil melewati tahap keterpurukan mental akibat mengidap penyakit ini.

Para wanita, harus lebih peduli dengan kesehatannya. Selain itu disarankan untuk memeriksa sendiri apakah Anda memiliki benjolan di payudara.

 

Nah, jika Anda merasa ada benjolan di payudara, jangan dianggap sepele dan akan kempes dengan berjalannya waktu. Sebab, benjolan di payudara bisa saja tumor yang dapat bertumbuh menjadi kanker. Oleh karena itu, disarankan segera periksa ke dokter bisa saat meraba payudara sendiri ditemukan adanya benjolan.

“Kanker itu punya sifat bertumbuh dengan cepat sekali. Kami sebutnya ‘doubling time’ yang sangat cepat,” papar Dokter Adityawati G. M.Biomed saat ditemui di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta Selatan.

 BACA JUGA:

Dokter Dita, nama sapaannya, melanjutkan, karena sifat sel kanker itu bertumbuh dengan sangat cepat, maka pasien kanker bertaruh dengan detik. Karena itu, jika ditemukan benjolan di payudara, segera periksa.

“Bukan hal yang tidak mungkin perempuan yang menemukan ada benjolan di payudara, 2 sampai 3 bulan berikutnya sudah stadium 3 bahkan 4. Segitu cepatnya kanker tumbuh di tubuh,” tambahnya.

 BACA JUGA:

Menurut Dokter Dita, penting bagi setiap wanita agar mau skrining kanker payudara. Jika sel kanker ditemukan lebih awal, itu akan lebih baik dan memengaruhi kesembuhan penyakit. “Kalau sel kanker ditemukan pada stadium awal, prognosisnya bisa sangat tinggi yaitu 90-95%. Semakin dini ditemukan, semakin besar angka harapan hidupnya,” ujarnya.


Follow Berita Okezone di Google News

Baca Juga  Pangdam Cenderawasih Pastikan Jaga Pasokan Logistik Atasi Krisis Pangan di Papua Tengah : Okezone Nasional


Sementara itu, Presiden Komisaris PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) John Riady menjelaskan, penting untuk terus meningkatkan jumlah dan kualitas dokter spesialis, dan menginginkan adanya peningkatan kualitas sektor kesehatan agar devisa tak lari ke luar negeri. Pasien diharap berobat di dalam negeri karena sudah ada para dokter dan rumah sakit berkualitas.

Dalam riset Statista dan Newsweek, terang dia, menyoroti enam layanan kesehatan, mencakup kardiologi, endocrinology, neurologi, onkologi, orthopedic, dan pediatric. Riset dilakukan di negara-negara Asia Pasifik, meliputi Australia, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, dan Thailand. Dari layanan kanker, pihaknya masuk indeks dengan peringkat ke-63. Sedangkan RS lain dari Indonesia yang menembus peringkat 75 besar, terdapat RS Kanker Dharmais.

“Sejauh ini, kanker merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia. Terdapat sekitar 9,6 juta kematian per tahun oleh karena itu kanker harus kita obati bersama dengan cara yang terbaik,” kata John.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *