Rayakan Kemerdekaan 2024 di IKN, Kepala Otorita: Nanti Ada Plaza untuk Upacara : Okezone Economy

JAKARTA – Upacara Kemerdekaan RI pada 2024 akan digelar di Istana Negara IKN Nusantara. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan saat ini tengah proses pembangunan IKN tengah masuk dalam penyelesaian tahap 1.

Targetnya pada tahun 2024 rampung dan siap digunakan untuk upacara memperingati kemerdekaan tahun depan. Bambang mengungkapkan, rencanya lokasi upacara kemerdekaan di IKN tahun 2024 akan diselenggarakan di halaman istana negara yang saat ini masih dalam dalam proses konstruksi.

“Bapak Presiden sendiri nanti yang akan memimpin upacara kemerdekaan 2024 di IKN, insyaallah di depan istana negara, nanti ada plaza untuk upacara,” ujar Bambang usai upacara Kemerdekaan di IKN, Jumat (18/8/2023).

Sejalan dengan peringatan upacara kemerdekaan itu, maka para PNS juga akan sekaligus tinggal IKN dan memulai aktivitas pemerintahan. Bambang memastikan infrastruktur dan fasilitas fasilitas dasar seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, fasum (fasilitas umum), dan fasos (fasilitas sosial) juga sudah tersedia di IKN.

Baca Juga: 7 Keunggulan Mobil Innova Reborn, Wajib Tahu Sebelum Beli!


Follow Berita Okezone di Google News


Sehingga bukan cuma pembangunan infrastruktur dasar yang dibangun menggunakan kantong APBN. Pihak swasta juga siap untuk mulai melakukan pembangunan, seperti untuk rumah sakit, sekolah dan mall di IKN bulan depan.

“Dan bulan depan kita juga akan melihat teman-teman dari swasta juga mulai macul-macul, itu yang kita tunggu, jadi bukan sekedar teken-teken,” kata Bambang.

Sekedar informasi, hingga saat ini setidaknya sudah ada 8 perushaan swasta dan BUMN yang siap untuk memulai konstruksi di IKN tahun ini. Perusahaan tersebut akan menggarap berbagai sektor di IKN mulai dari pendidikan, rumah sakit, mall, perkantoran, hingga hotel.

Baca Juga  Sambut Barito Putera di Kandang, Levy Madinda Optimis Persib Bandung Bisa Menang : Okezone Bola

Adapun ke 8 perushaan yang siap melakukan groundbreaking antara lain, Pakuwon Group, RS. Hermina, Jakarta International School, Ciputra Gorup, PT PP (Persero), Jambuwuluk Hotels & Resort, Vassanta Innopark, hingga Agung Sedayu Group, yang belum lama ditunjuk untuk memimpin konsorsium PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) investasi di IKN.

“Insyaallah tahun depan kita tidak hanya melihat bangunan fisik milik pemerintah tapi juga ada taman, ada beberapa fasilitas kesehatan, pendidikan, mall, yang di inisiasi oleh swasta kita,” pungkas Bambang.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *