Proyek PLTA Batang Toru Dipercepat, Ini Sejumlah Manfaatnya : Okezone Economy

JAKARTA – DPR RI mendukung percepatan pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Toru. Pasalnya kehadiran pembangkit listrik ini dapat memperkuat pasokan listrik di Sumatera Utara seiring dengan meningkatnya kebutuhan listrik.

“Secara umum Sumatera Utara masih membutuhkan pasokan listrik, baik untuk masyarakat maupun industri, seperti PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) yang akan meningkatkan kapasitas produksi smelter alumuniumnya,” ujar Anggota Komisi VII DPR Mulyanto, Rabu (2/8/2023).

Khusus Inalum, dibutuhkan tambahan listrik sekitar 900 megawatt (MW) untuk smelter alumunium yang akan dibangun. Belum lagi listrik untuk pelanggan rumah tangga.

“Untuk itu, pembangunan PLTA Batang Toru sangat tepat, karena selain dapat memenuhi kebutuhan listrik secara domestik, tidak lagi membeli dari pembangkit listrik terapung yang dikelola pihak Turki,” katanya,

Tak hanya itu, listrik yang dihasilkan ini juga bersumber dari energi baru terbarukan (EBT), dari sisi harga juga sangat kompetitif dengan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dan ramah lingkungan.

“PLTA itu kan memiliki keunggulan cheap, clean, and renewable,” terang dia.

Sebagai informasi, Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Toru berlokasi di Desa Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. PLTA ini berkapasitas 510 MW (4×127,5 MW) dan merupakan salah satu proyek pecepatan pembangkit listrik 35.000 MW.

Baca Juga: Sah! Pertamina dan Petronas Tandatangani Perjanjian Jual Beli dengan Shell


Follow Berita Okezone di Google News


PLTA Batang Toru ini dibangun di area seluas 650 hektar dan mempekerjakan sekitar 600 orang tenaga kerja. PLTA yang telah melakukan financial close di tahun 2017 ini tengah memasuki tahap konstruksi dan diperkirakan dapat beroperasi komersial (COD) pada tahun 2022.

Baca Juga  2 Pandit F1 Sarankan Lewis Hamilton Segera Gabung Scuderia Ferrari! : Okezone Sports

Dengan dibangunnya PLTA Batang Toru ini diharapkan dapat menambah dan memperkuat pasokan listrik Sumatera, khususnya di Provinsi Sumatera Utara, dimana PLTA Batang Toru akan digunakan sebagai peaker (pemasok listrik saat beban puncak terjadi) di Sistem Tenaga Listrik Sumatera. Nantinya listrik yang dihasilkan PLTA Batang Toru ini akan disalurkan melalui jaringan transmisi 275 kV milik PT PLN (Persero).

Manfaat lain dari pembangunan PLTA Batang Toru antara lain meningkatkan bauran energi terbarukan, mengurangi emisi karbon, peningkatan pendapatan pemerintah daerah, dan menambah lapangan kerja. Penambahan daya listrik dari PLTA Batang Toru serta meningkatnya kehandalan sistem kelistrikan di Kabupaten Tapanuli Selatan diharap dapat meningkatkan Rasio Elektrifikasi yang saat ini mencapai 82,32%.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *