Mahfud MD Bakal Temui Para Eksil di Eropa, Sampaikan Hak Korban Pelanggaran HAM Berat : Okezone Nasional

 

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan bahwa, dirinya bakal kunjungan kerja (kunker) ke beberapa negara Eropa dan berakhir di Korea Selatan mulai besok, Selasa 21 Agustus 2023.

Mahfud menjelaskan, kunker tersebut dilakukan dalam rangka keamanan dan untuk menginformasikan tentang pelaksanaan hak asasi manusia (HAM) kepada para eksil, bukan menjemput.

 BACA JUGA:

“Iya. Jadi saya akan besok akan ke Turki untuk kerja sama keamanan. Sesudah itu ke Amsterdam, dan ke Praha, Ceko,” kata Mahfud saat ditemui di Jakarta Pusat, Senin (21/8/2023).

Mahfud menegaskan, ia hanya akan menemui para eksil, bukan melakukan penjemputan. Sebab, kepulangannya ke tanah air merupakan hak para eksil.

 BACA JUGA:

“Itu bukan untuk menjemput. Untuk menemui dan memberitahu tentang hak-hak korban pelanggaran HAM berat karena itu hak konstitusional,” katanya.

Kendati demikian, Mahfud menjelaskan, penyelesaian non-yudisial bagi para eksil korban pelanggaran HAM berat patut disyukuri.


Follow Berita Okezone di Google News


“Kita bersyukur bahwa dengan adanya penyelesaian non-yudisial yang kemudian menyatakan pengakuan dan janji pemerintah untuk memperbaiki dan memenuhi hak-hak korban kita mendapat sambutan luar biasa,” katanya.

“Bukan hanya dari daerah, bukan hanya dari Indonesia tapi juga dewan HAM PBB langsung menyebut sebagai satu kemajuan yang sudah lama tertunda di Indonesia, baru sekarang dibuka,” sambungnya.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Momen Istri Ganjar Pranowo Semangati Peserta Jambore Dunia 2023 Asal Jateng di Tengah Cuaca Ekstrem Korsel : Okezone Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *