Erick Thohir Ajak Swasta Buat Blue Print Ekonomi RI : Okezone Economy

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengajak swasta membuat blue print terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia. Cetak biru itu akan direkomendasi ke pemerintah.

Dari blue print tersebut akan menjadi referensi pemerintah saat merumuskan kebijakan. Dengan begitu, aturan yang diterbitkan pemerintah juga berpihak pada pebisnis.

“Blue print ini yang bisa kita usulkan juga ke pemerintah, supaya pemerintah harus pro bisnis, jangan membikin aturan aturan tambahan pun yang akhirnya mengikat kita,” ujar Erick saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Senin (14/8/2023).

Menurutnya, Indonesia harus memiliki cetak biru secara mandiri dan tidak tergantung dengan cetak biru negara lain, seperti China atau Amerika Serikat (AS).

Karena itu, BUMN terbuka dengan pihak swasta untuk sama-sama merumuskan cetak biru yang dimaksud.

“Nah inilah saya rasa kolaborasi yang harus kita bangun. China dan AS bisa, kenapa kita tidak bisa. Jangan karena non-blok, kita tidak punya blue print. Blue print Indonesia harus kita bikin. Private sector bersama kami, ayo sama-sama,” ucapnya.

Konsistensi pertumbuhan ekonomi Indonesia, lanjut Erick, merupakan hal luar biasa jika disandingkan dengan realita ketidakpastian ekonomi global. Pun saat dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya.

Baca Juga: Bertabur Hiburan dan Edukasi Keuangan, Pesta Rakyat Simpedes 2023 Siap Menyapa Warga Bandung


Follow Berita Okezone di Google News


Erick mencontohkan tekanan berat yang dialami Cina meski mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 6,15 persen atau inflasi tinggi yang menghantam negara-negara di Eropa. Pun halnya dengan Amerika Serikat (AS) dengan kebijakan kapitalismenya.

“Indonesia incorporation itu kita semua yang harus memastikan keberpihakan kita kepada negara kita harus terjadi. Ekonomi tumbuh, kesejahteraan juga, tinggal apa kebijakan yang kita mau cari,” tutur dia.

Baca Juga  4 Momen Pebulu Tangkis Dunia yang Alami Cedera Horor Sampai Menangis Kesakitan, Nomor 1 Paling Menyakitkan! : Okezone Sports

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *