5 Tips Mahasiswa Bisa Hemat Uang Bulanan, Biar Gak Langganan Makan Mi Instan : Okezone Lifestyle

Uncategorized60 Dilihat

KONDISI uang bulanan yang pas-pasan, jadi salah satu masalah paling familiar yang dialami banyak mahasiswa apalagi para mahasiswa atau mahasiswi yang merantau, kuliah seorang diri di kota lain.

Cara berrhemat agar uang agar tercukupi, hingga mendapatkan transferan selanjutnya tentunya menjadi tantangan tersendiri untuk para mahasiswa. Terkadang untuk menghemar pengeluaran, kebanyakan mahasiswa memilih untuk menghemat biaya makannya dengan makan mi instan misalnya.

Maka dari itu penting untuk bisa tahu cara menghemat uang bulanan yang efektif, agar tak langganan makan mi instan terus-terusan. Bagaimana caranya? Dilansir dari laman resmi Bina Nusantara dan Universitas Gadjah Mada, Senin (7/8/2023). Berikut ini tips cara menghemat uang transferan bulanan untuk para mahasiswa.

1. Catat pengeluaran dan buat anggaran: Ini berujuan agar tahu untuk kebutuhan apa saja uang yang dikeluarkan. Mulai biasakan dengan catat kebutuhan pengeluaran yang paling penting terlebih dahulu, lalu diikuti dengan pengeluaran tambahan.

Dari daftar ini, yang maka akan didapatkan perkiraan jumlah total biaya kebutuhan yang dibutuhkan dan juga bisa dibuat pos-pos pengeluaran yang jumlahnya bisa ditargetkan. Sehingga pengeluaran akan lebih terencana dan uang akan lebih terlihat sisanya.

2. Gunakan kartu mahasiswa: Banyak yang belum tahu, bahwa ternyata kartu mahasiswa juga dapat bikin hidup lebih hemat. Pada beberapa tenant makanan, tempat belanja, atau acara hiburan lainnya biasanya ada penawaran khusus untuk para mahasiswa yang membawa kartu mahasiswanya, dengan hanya sekedar menunjukkan kartu tersebut maka bisa langsung mendapatkan potongan harga atau hadiah secara cuma-cuma. Rajin-rajin saja cek promo yang ada.


3. Sering bawa bekal: Selain bisa meminimalisir pengeluaran, dengan membawa bekal juga membuat hidup jadi lebih mandiri, karena harus menyiapkan bahan-bahan makanan jadi bekal utuh yang siap untuk dibawa. Selain itu, tentunya jauh lebih sehat dibandingkan banyak jajan sembarangan asal kenyang di luar.

Baca Juga  Sepatu Lilly Wenda Copot saat Bawa Baki di Istana Negara, Netizen Puji Tetap Tenang : Okezone Edukasi

4. Selalu jaga kesehatan: Dengan mengonsumsi makanan yang berigizi, tidak jajan sembarangan, dan membiasakan untuk selalu minum air mineral dan vitamin, serta harus meluangkan waktu melakukan olaharaga ringan, agar hidup lebih teratur dan juga seimbang.

5. Potong uang transportasi: Pos ini biasanya memang biaya yang cukup besar, sebenarnya bisa gunakan opsi yang paling murah untuk jangka panjang. Misalnya, jika terbiasa naik ojek online ke sana ke mari, maka bisa beralih ke transportasi umum seperti bis atau kereta yang ongkosnya jauh lebih murah.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *