10 Contoh Latihan Kecepatan dalam Kebugaran Jasmani : Okezone health

LATIHAN kecepatan adalah latihan peningkatan kecepatan menggerakan tubuh secepat mungkin dalam waktu sesingkat-singkatnya. Latihan kecepatan ini dapat berpengaruh pada kesigapan dan ketangkasan diri.

Jika aktivitas kalian sedang padat, latihan kecepatan ini dapat kalian lakukan sendiri karena pada dasarnya kita diharuskan bergerak dan beraktivitas dengan cepat. Hal ini dilakukan untuk melatih reflek, kegesitan, dan kelincahan pada tubuh kita.

Berikut telah kami rangkum beberapa contoh latihan kecepatan dalam kebugaran jasmani yang mudah untuk dilakukan pada Selasa (8/8/2023).

Contoh latihan kecepatan dalam kebugaran jasmani

1. Sprint

Sprint atau lari cepat adalah lari jarak pendek dalam waktu singkat dengan kecepatan maksimum. Melakukan sprint dapat membakar kalori serta meningkatkan imunitas daya tahan tubuh.

2. Mile repeats

Berbeda dengan sprint, mile repeats merupakan olahraga lari yang dilakukan dengan jarak lebih panjang. Hal ini dapat meningkatkan waktu balapan dan membangun kepercayaan diri.

3. Strength training

Strength training merupakan jenis latihan dengan menggunakan seluruh otot tubuh yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot maupun sendi. Contohnya pull-up, push-up, burpee, dan lain-lain.

4. Hill training

Hill training ialah berlari cepat di track berbukit dan melakukan pendinginan saat berjalan turun guna meningkatkan kecepatan saat berlari.

5. Lunges

Latihan kecepatan selanjutnya ada lunges, ini adalah gerakan olahraga kekuatan otot untuk mengencangkan tubuh dan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan. Caranya dengan berdiri tegak dengan posisi kedua tangan di pinggang. Kemudian langkahkan kaki kanan ke depan, lalu turunkan tubuh dan tekuk lutut kanan hingga menekuk 90 derajat dengan posisi kaki kiri seperti akan berlutut dengan tumit yang sedikit terangkat dari lantai. Tahan selama beberapa hitungan, lalu kembali ke posisi awal.

Baca Juga  Hitam Putih Sejarah Penjajahan Belanda di Indonesia : Okezone Nasional


Follow Berita Okezone di Google News


6. Fartlek

Fartlek merupakan lari dengan kecepatan yang bervariasi seperti mengombinasikan kecepatan lari cepat dan lambat secara bergantian. Latihan fartlek ini dapat membakar banyak kalori serta dapat menjaga kekuatan tulang dan meningkatkan kesehetan jantung.

7. Lari zigzag

Latihan kecepatan

Lari zigzag ialah suatu bentuk gerakan lari yang dilakukan dengan berbelok-belok, tujuannya untuk melatih kelincahan dan kecepatan. Latihan berlari zigzag juga mampu melatih kekuatan otot kaki dan memaksimalkan dribbling dengan baik.

8. Cone drill

Cone Drill merupakan latihan kecepatan dengan menggunakan alat berupa cone sebagai batas atau rintangan pada saat melakukan gerakan. Latihan ini biasa dilakukan untuk pemanasan dalam olahraga untuk melatih kecepatan dan perubahan arah.

9. Tabata

Gerakan tabata ini meliputi squat jump dan high knee jog, jenis olahraga berupa latihan interval yang termasuk dalam High Intensity Interval Training (HIIT). Biasa dilakukan selama 20 detik dan istirahat 10 detik. Latihan tabata ini sangat efektif untuk membakar lemak, meningkatkan metabolisme dan detak jantung dalam waktu singkat.

10. Pliometrik

Pliometrik adalah jenis olahraga yang mengharuskan kita untuk aktif melompat. Metode latihan pliometrik otot selalu berkontraksi baik pada saat memanjang maupun memendek. Latihan pliometrik juga berguna untuk melatih kelincahan dan kekuatan kesehatan tubuh secara keseluruhan, terutama kardiovaskular.

Demikianlah contoh latihan kecepatan, bikin hidup kamu lebih sehat.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *