Viral Pengharum Cair Bisa Bikin AC Mobil Cepat Kotor : Okezone Otomotif

JAKARTA AC merupakan komponen penting pada mobil untuk membuat suhu kabin terasa sejuk. Jika tak dirawat dengan baik, bisa menyebabkan masalah dan tidak akan berfungsi dengan optimal.

Salah satu yang bisa membuat AC tidak dapat bekerja dengan semestinya adalah penggunaan pengharum ruangan yang tidak tepat. Menggunakan pengharum berbentuk cairan atau gel ternyata bisa menghambat kinerja AC.

Hal tersebut diperlihatkan melalui unggahan video di akun X (Twitter) @innovacommunity, yang memperlihatkan evaporator AC sebuah mobil sangat kotor akibat penggunaan pengharum ruangan yang tak tepat.

“Hati-hati klo pakai pengharum, terutama yg berbentuk cair atau gel, saat menguap, terhisap AC, beresiko bikin kotor evaporator, lama-lama bisa jadi gel bikin apek,” bunyi keterangan dalam unggahan video tersebut.

Dalam video pada unggahan itu, tampak evaporator AC mobil tersebut kotor dan berlendir yang diakibatkan pengharum ruangan tidak tepat. Kondisi tersebut disebutkan sangat tidak baik bagi kesehatan, terutama saat dihirup dalam jangka waktu panjang.

“AC tidak sehat akibat kotoran yang menumpuk di evaporator, berlendir, sehingga banyak bakteri, kuman, dan virus yang bersarang di dalamnya. Tanpa kita sadari itulah yang dihirup selama di dalam mobil,” tulis keterangan dalam video tersebut.

Disebutkan bahwa AC mobil memerlukan filter yang dapat menyaring kotoran masuk ke evaporator. Hal ini dapat memperpanjang usia AC mobil dan meningkatkan kualitas udara di dalam kabin.

Selain itu, penggunaan air purifier sangat disarankan untuk membuat udara di dalam kabin menjadi lebih segar. Bahkan, hal tersebut dapat membuat pengendara tidak cepat lelah dan mengurangi kantuk.




Follow Berita Okezone di Google News

Baca Juga  Pembatasan Angkutan Barang Selama Mudik Bikin Konsumsi Solar Turun 13% : Okezone Economy


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Melihat kondisi tesebut, sejumlah warganet mengalami hal serupa ketika melakukan perbaikan AC mobil mereka. Sebagian netizen juga tidak menggunakan pengharum ruangan sejak membeli mobil baru.

“Kayaknya kalo servis rutin di bengkel resmi ga bakalan sampe kek gitu sih min. wong udah lumayan kotor aja langsung dikasih warning,” tulis @Fans***.

“Baru minggu kemarin habis cuci evap setelah pemakaian hampir 10 tahun,” ujar @nega***.

“Oleh itu, sejak mobil baru, saya tidak pernah pasang pengharum mobil apa pun. Karena ada efek samping seperti itu. Kalau mau wangi ya pake yang semprot untuk sesaat saja,” kata @hendri***.

“Kejadian nih 2 kali, gara sesek-sesek kalau lama di mobil ber-AC. Untungnya cuman perlu ganti filter doang, evaporator gak apa-apa tapi dibersihin juga. Sejak itu jadi ga pernah pake pewangi mobil,” tutur @rini***.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *