Viral Fortuner Pelat Polisi Tabrak Mikrobus di Tol MBZ, Ini Fungsi Bahu Jalan : Okezone Otomotif

JAKARTA Viral di media sosial (medsos) sebuah mobil berwarna hitam terlibat kecelakaan di jalan layang Tol Mohammed bin Zayed (MBZ). Sebelum terlibat kecelakaan, mobil tersebut melaju dengan kecepatan tinggi di bahu jalan.

Dalam video tersebut diunggah akun Instagram @dashcam_owners_indonesia, tampak kondisi jalan tol di pagi hari. Dalam video itu, peristiwa tersebut terjadi pada Senin (6/5/2024), pukul 06.46 WIB.

Awalnya mobil SUV hitam yang diketahui Toyota Fortuner itu melaju cepat di bahu jalan dengan menyalip kendaraan perekam. Kemudian, mobil tersebut perlahan bergerak ke kanan untuk masuk kembali ke jalur yang semestinya.

Namun, Fortuner yang menggunakan pelat nomor polisi itu tetap melaju kencang, meski ada mikrobus berada di depannya. Akibatnya, sisi kanan depan mobil hitam itu menghantam bagian belakang kiri mikrobus tersebut.

Senggolan tersebut membuat mikrobus terpental ke sisi kiri jalur hingga menghantam pembatas jalan. Akhirnya kendaraan yang diguga travel itu terhenti setelah menghantam pembatas jalan di sisi kanan.

Saat ini, bahu jalan kerap disalahgunakan para pengguna jalan. Padahal, penggunaan bahu jalan juga sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan masih banyak pengguna jalan yang belum tahu kegunaan bahu jalan. Ini membuat angka kecelakaan di bahu jalan masih cukup tinggi.

“Bahu jalan itu untuk kondisi darurat. Kita boleh berhenti di bahu jalan untuk beristirahat, tapi hanya 5 atau 10 menit, jangan lupa nyalakan lampu hazard. Tidak diperbolehkan istirahat dalam waktu lama, karena itu sangat berbahaya,” kata Sony kepada MNC Portal.



Baca Juga  The 1975 Umumkan Vakum Usai Tur : Okezone Celebrity


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ia mengungkapkan, bahu jalan bisa digunakan oleh pengguna jalan tol apabila dalam keadaan darurat dan sesuai arahan petugas. Selain itu, dilarang menggunakan bahu jalan untuk kepentingan pribadi.

“Dalam kondisi darurat itu digunakan oleh patroli, kemudian ambulans. Petugaslah, dalam arti memang yang berkepentingan untuk mendapatkan prioritas. Kita boleh pakai bahu jalan, tapi hanya sebentar untuk meregangkan otot-otot,” ucapnya.

Saat berhenti di bahu jalan, tidak disarankan keluar dari kendaraan karena bisa membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. Pasalnya, ini langsung bersentuhan dengan jalur utama. Biasanya kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *