UTBK SNBT 2024 Digelar, Universitas Brawijaya Antisipasi Modus Kecurangan Ini saat Tes : Okezone Edukasi

MALANG – Universitas Brawijaya (UB) bersiap menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024.

Dalam waktu dekat, tes UTBK SNBT 2024 akan digelar. UTBK Gelombang 1 digelar pada 30 April dan 2-7 Mei 2024. Kemudian UTBK Gelombang 2 digelar pada 14-20 Mei 2024.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Brawijaya (UB) Imam Santoso mengatakan, UB sudah matang dan siap melaksanakan UTBK yang dimulai dari perangkat komputer, ruangan dan kapasitas yang tersedia untuk proses pendaftaran calon mahasiswa jalur SNBT. Di mana total ada empat 20.775 peserta, yang akan melaksanakan tes UTBK SNBT di Universitas Brawijaya selama dua gelombang.

“UB menyediakan sebanyak 62 ruang yang tersebar di 16 lokasi yang menggunakan laboratorium komputer baik di rektorat maupun fakultas di kampus utama atau jalan veteran,” katanya ditemui di Universitas Brawijaya, Rabu (24/4/2024).

Pihaknya telah menyiapkan 1.580 unit komputer dan 226 unit komputer cadangan, sesuai spesifikasi yang disyaratkan dari Panitia Pusat UTBK. Sementara dari segi kemanan UB telah mengirimkan surat ke PLN untuk tidak memadamkan listrik selama pelaksanaan UTBK dan melibatkan tim yang bertugas mengawal jaringan tersebut.

“Setiap lokasi disiapkan genset yang standby, apabila ada pemadaman atau gangguan mendadak. Jaringan internet di dalam kampus dioptimalkan tidak ada kendala, juga tersedianya server untuk lokasi-lokasi yang sudah dikondisikan, sehingga dari dua kondisi faktor keamanan dapat dipastikan pelaksanaan UTBK di UB dapat berjalan dengan baik dan lancar,” katanya.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca Juga  Pamer Wajah Bengkak usai Oplas, Netizen Sebut Bunda Corla Mirip Ivan Gunawan : Okezone Celebrity

Demi memperlancar jalannya UTBK, UB juga melibatkan sebanyak 644 pengawas yang bertugas secara bergantian selama tujuh hari. Di mana total ada 899 orang petugas pelaksana UTBK di UB, yang terdiri dari teknisi ruang 65 orang per harinya, terdiri dari petugas admin server lima orang per hari, petugas admin TI 16 orang per hari, petugas penanggung jawab lokasi 16 orang per hari, petugas penanggung Jawab TI Lokasi 16 orang per hari,

“Kemudian petugas teknisi listrik 16 orang per hari, petugas keamanan, dan metal detektor 31 orang per hari, petugas pembantu pelaksana seluruh ruang 70 orang per hari. Total ada sebanyak 899 petugas pelaksana UTBK di UB,” tuturnya.

Di sisi lain, Koordinator Pelaksana SNBT UB 2024 Heri Prawoto mengungkapkan, pihaknya menyiapkan metal detektor tambahan dengan teknologi canggih guna meminimalisir adanya kecurangan. Sebab berkaca pada pelaksanaan UTBK SNBT tahun lalu ada beberapa alat yang canggih untuk bisa digunakan membantu peserta UTBK.

“Ada siswa yang tugasnya tidak mengerjakan soal, tapi memoto soal untuk lembaga bimbingan belajarnya. Biasanya ditempatkan di pakaian itu ada, kameranya kecil, yang bisa memoto soal-soalnya. Soal itu bisa terfoto dan terscan, supaya bisa merekam soal-soal untuk peserta UTBK lainnya,” jelas Heri Prawoto.

Penggunaan handphone berukuran kecil dan alat komunikasi kecil yang ditempatkan di dalam pakaian juga kerap menjadi evaluasi dan kewaspadaan panitia. Makanya pihak Universitas Brawijaya menyiapkan metal detektor canggih.

“Metal detektor ini bisa mendeteksi secara dekat, kalau ada benda-benda yang mencurigakan yang tidak boleh dibawa masuk ke ruangan tes. Kami memastikan seluruh peserta steril saat memasuki ruangan tes,” tandasnya.

Baca Juga  Jokowi Cairkan Bansos 10 Kg Beras dan Bantuan Tunai Rp200 Ribu di Bali : Okezone Economy

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *