Serahkan Bantuan DPUP ke 4 Desa Wisata di NTB, Sandiaga Minta Kualitas Pariwisata Ditingkatkan : Okezone Travel

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menyerahkan bantuan dana Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP) kepada empat desa wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB), di Desa Wisata Taman Loang Baloq, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram.

Bantuan ini merupakan program tindak lanjut dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2021 dan 2022. Bersamaan dengan acara penyerahan bantuan juga dilakukan pelatihan literasi keuangan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno usai acara penyerahan bantuan, menjelaskan, bantuan yang diberikan berupa dana dengan nominal rata-rata Rp120 juta ditujukan untuk pembelian peralatan pendukung produksi usaha parekraf.

Adapun empat desa wisata yang mendapatkan bantuan yakni Desa Wisata Sesaot Kabupaten Lombok Barat, Desa Wisata Bonjeruk Kabupaten Lombok Tengah, serta Desa Wisata Senaru Kabupaten Lombok Utara.

(Foto: Dok. Kemenparekraf)

Alhamdulillah pariwisata kita sudah bangkit. Dan dengan bantuan DPUP ini diharapkan dapat memperkuat harapan baru masyarakat yaitu masyarakat sejahtera adil dan makmur, baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur. Harga murah, kerja mudah, hidup berkah dengan ekonomi hijau,” ujar Sandi, dikutip dari siaran pers Kemenparekraf.

Bantuan bagi empat desa wisata di NTB kata dia, sebagai bentuk keberpihakan pemerintah untuk menjadikan desa wisata lebih tangguh ke depan dengan daya tarik wisata yang lebih beragam dan kemampuan membangun produk ekonomi kreatif unggulan. Juga pengembangan sumber daya manusia.

“Saya harap agar bantuan, baik dana dan pendampingan dalam literasi keuangan ini bisa difokuskan kepada peningkatan SDM, peningkatan produk-produk ekonomi kreatif, peningkatan destinasi wisata sehingga kunjungan wisatawan itu lebih berkualitas dan lebih berkelanjutan,” tuturnya.

Baca Juga  Pelatih Thailand U-20 Usai Kalahkan Timnas Indonesia U-20: Nyaman Berada di Indonesia hingga Terkesan dengan SUGBK : Okezone Bola

Sementara, Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf, Anggara Hayun Anujuprana berujar bahwa program peningkatan literasi keuangan yang dihadirkan Kemenparekraf diharapkan dapat memperkuat manfaat dari bantuan dana DPUP.


Follow Berita Okezone di Google News


Pelaku usaha dapat merencanakan dan mencatat keuangan usaha dengan lebih baik sehingga usahanya siap untuk dipertemukan dan mendapatkan permodalan dari lembaga keuangan baik perbankan maupun non perbankan.

Dalam kegiatan ini para peserta yang terdiri dari para perwakilan dari empat desa wisata telah diberikan pemaparan materi oleh Otoritas Jasa Keuangan terkait ‘Waspada Investasi dan Pinjaman Online Ilegal dan Pengenalan Produk Layanan Jasa Keuangan’.

Infografis Desa Adat Wisata

Kemudian pada sesi selanjutnya terdapat materi terkait ‘Perencanaan dan Pencatatan Keuangan bagi UMKM dan Simulasi Pencatatan Transaksi Keuangan menggunakan Aplikasi SIAPIK’, serta materi ‘Pencatatan dan Pengelolaan Keuangan Mikro’ dari Bank NTB.

“Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini, juga mencakup peningkatan kapasitas usaha di desa wisata dalam hal literasi keuangan,” kata Hayun.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *