PPP Tuding Suaranya Dicuri Partai Garuda di Banten hingga Tak Lolos ke Senayan : Okezone Nasional

JAKARTA – Partai Persatuan Pembangunan atau PPP menganggap suara partainya pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 banyak yang dipindahkan ke Partai Garuda. Hal tersebut diungkapkan saat pembacaan pokok persidangan dalam sidang sengketa Pileg panel I, di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Senin (29/4/2024).

Kuasa hukum PPP, Dhamar Rozali mengatakan berdasarkan keputusan KPU, PPP mendapatkan suara sebanyak 5.878.777 suara atau dengan presentase 3,87 persen sehingga pemohon tidak memenuhi ambang batas parlemen atau threshold 4 persen.

Dhamar mengungkapkan terdapat selisih kekurangan suara sebesar 193.088 suara atau setara dengan persentase 01,13 persen.

 BACA JUGA:

“Bahwa persandingan perolehan suara pemohon dan Partai Garuda terdapat perbedaan antara perhitungan pemohon dengan versi termohon, khususnya pada dapil-dapil tersebar pada 35 dapil dan 19 provinsi. Bahwa salah satu dapil tempat terjadi pemindahan suara tersebut adalah daerah pemilihan Banten I, Banten II, dan Banten III provinsi Banten,” kata Dhamar di ruang sidang panel I.

Dhamar melanjutkan, pada daerah pemilihan Banten I, Banten II, Banten III Provinsi Banten di atas masing-masing terjadi pemindahan suara PPP kepada Partai Garuda sebanyak 5.000 suara pada dapil Banten I, sebanyak 5.450 pada dapil Banten II, dan sebanyak 8.950 pada dapil Banten III diakibatkan kesalahan perhitungan oleh termohon.

“Sehingga perolehan partai Garuda yg semula masing-masing 131 suara pada dapil Banten 1 bertambah secara tidak sah menjadi 5.131 suara, sebesar 104 suara pada dapil Banten III bertambah secara tidak sah menjadi 5.554, dan sebesar 103 suara pada dapil Banten III bertambah secara tidak sah menjadi 8.253 suara,” tutur Dhamar.

 BACA JUGA:

Perolehan suara PPP pada dapil Banten I semula sebesar 137.212 suara berkurang secara tidak sah menjadi 132.212 suara, pada dapil Banten II yang semula 69.812 suara, berkurang secara tidak sah menjadi 64.362 suara; kemudian pada dapil Banten III yg semula 100.606 suara berkurang menjadi 93.456 suara.

Baca Juga  Muncul Gas Asam, Pencarian Korban Terjebak di Tambang Batu Bara Lebak Dihentikan : Okezone News

“Bahwa perpindahan suara pemohon secara tidak sah kepada Partai Garuda tersebut terus berlanjut dan terikut pada rekapitulasi tingkat nasional, sebagaimana dituangkan termohon dalam keputusan 360/2024 dianggap dibacakan dan menetapkan perolehan suara yg benar menurut versi Pemohon,” pungkas Dhamar.





Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sal)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *