Peneliti Amsterdam Buktikan Olahraga Lari Tingkatkan Kesehatan Mental : Okezone Edukasi

JAKARTA – Salah satu studi dari Universitas Vrije di Amsterdam, Belanda,  menemukan bahwa dengan rutin berlari maka seseorang dapat meningkatkan kesehatan mental. Hal itu akan dicapai jika berlari dilakukan rutin  selama 16 minggu.

Bahkan penelitian itu menyebut olahraga lari sama baiknya dengan mengkonsumsi obat antidepresan. Hal itu berguna untuk mengobati depresi dan kecemasan.

Seseorang yang mempunyai masalah kesehatan mental biasanya diminta untuk mengonsumsi obat antidepresan sebagai cara mengatasinya. Namun, belum lama ini peneliti menunjukkan adanya hubungan antara olaharaga berlari dengan peningkatan kesehatan mental seseorang.

Dilansir dari laman Diabetes.co.uk, Senin (23/10/2023) penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa jogging memiliki keterkaitan dengan kesehatan fisik seseorang seperti lingkar pinggang yang lebih kecil, fungsi jantung yang lebih baik, serta peningkatan berat badan dan juga tekanan darah. Sedangkan bagi seseorang yang menggunakan antidepresan sebagai langkah pencegahan, justru mengalami penurunan metabolisme.

“Penting untuk dikatakan kalau ternyata ada cara lain yang dapat digunakan sebagai terapi dalam perawatan depresi,” ucap peneliti. 

 BACA JUGA:

“Hasil menunjukkan dengan menerapkan terapi olahraga adalah sesuatu yang harus dianggap serius karena itu dapat menjadi pilihan yang baik dan bahkan lebih baik untuk beberapa pasien (depresi) kami,” tambahnya.

Tidak hanya itu, dr Eric Ruhe dari Pusat Medis Universitas Amsterdam juga mengatakan hal ini merupakan cara yang menarik untuk dilakukan. Karena ternyata kesehatan fisik dapat mempengaruhi kesehatan mental, dan ternyata pengobatan depresi dan kecemasan juga dapat diatasi dengan berolahraga yang jelas tanpa mengalami efek buruk dari obat antidepresan.


Follow Berita Okezone di Google News


Namun menurutnya yang menjadi tantangan adalah ketika seseorang lebih sulit untuk mengubah kebiasaan gaya hidupnya, daripada meminum obat antidepresan. Meskipun ini tidak hanya akan memiliki dampak yang luar biasa, pada perawatan kesehatan umum, tetapi juga juga pada penyakit kejiwaan.

Baca Juga  Viral Preman Palak Pedagang Pasar Cikutra, Minta Uang THR Rp100 Ribu : Okezone News

 BACA JUGA:

“52 persen pada kelompok latihan dan 82 persen pada kelompok antidepresan menunjukkan bahwa lebih sulit untuk mengubah kebiasaan gaya hidup daripada minum pil,” ucapnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *