Menguak Alasan Raja Mataram Punya Banyak Selir Cantik : Okezone Nasional

JAKARTA – Di Nusantara, para raja kerap memiliki banyak selir, yang bisa jadi karena pertimbangan politik atau simbol kekuasaan dan kemakmuran.

Raja Mataram menjadi salah satu yang terkenal dengan banyaknya selir dari Jawa Timur. Selama masa kekuasaannya, memiliki selir sebagai permaisuri bukanlah hal yang langka dan sering dianggap sebagai bagian dari strategi politik untuk memperkuat kekuasaan, dikenal sebagai perkawinan politik.

Raja Mataram cenderung memilih perempuan dari Jawa Timur sebagai selir karena dipercaya bahwa daerah tersebut melahirkan banyak perempuan cantik yang menjadi pusat perhatian di istana. Selain cantik, mereka juga dianggap memiliki sifat yang cocok dengan standar keanggunan dan kelembutan yang diinginkan oleh Raja Mataram.

Namun, di balik pemilihan selir-selir ini, ada pertimbangan politik yang serius. Banyak dari selir-selir ini berasal dari keluarga bangsawan, yang dipilih sebagai simbol persatuan dan loyalitas antar kerajaan.

Namun, tidak jarang juga ada selir yang berasal dari latar belakang biasa, yang sering kali menyebabkan persaingan di antara mereka untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi di istana.





Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Persaingan tidak hanya terjadi di dalam istana. Bahkan, proses pemilihan selir itu sendiri sering kali merupakan ajang persaingan di antara calon-calon selir, yang sering kali dianggap sebagai komoditas. Sayangnya, tidak semua calon selir berhasil melewati proses seleksi dengan baik, dan seringkali mereka yang gagal ditempatkan di daerah terpencil, meningkatkan risiko mereka terhadap eksploitasi dan kesengsaraan.

Baca Juga  Brunei Darussalam Terancam Sanksi FIFA, Timnas Indonesia Langsung Lolos ke Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026? : Okezone Bola

Di era kolonialisme Belanda, kabupaten-kabupaten di Jawa Timur yang awalnya dikenal sebagai tempat berasalnya selir-selir tersebut bahkan menjadi terkenal dengan praktik prostitusi yang marak. Meskipun demikian, motif di balik pemilihan selir tetap kental dengan persepsi tentang kecantikan dan kepribadian lemah lembut yang diharapkan oleh Raja Mataram. Namun, tujuan utama dari keberadaan selir-selir ini tetaplah untuk menjaga kekuasaan dan stabilitas politik.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *