Logistik di 92 TPS Papua Tengah Dirusak, KPU Akan Lakukan Pemungutan Suara Susulan : Okezone Nasional

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut akan melakukan adanya pengerusakan logistik di 92 tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupatan Paniai, Papua Tengah.

KPU bakal melakukan pemungutan dan penghitungan suara susulan di lokasi tersebut.

“Diketahui teman-teman semua pada hari Senin tanggal 12 Februari 2024 telah terjadi pengerusakan alat perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara pada 92 TPS di Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah,” kata Ketua Komisioner KPU Hasyim As’syari, Rabu (14/2/2024).

Selain pengerusakan logistik di Papua Tengah, ada permasalah lain yakni tertukarnya curah hujan yang tinggi yang mengakibatkan banjir dan berdampak pada tanggul jebol. Dengan demikian KPUD mengambil keputusan dengan melaksanakan pemungutan suara serentak susulan.

“Kemudian KPU Kabupaten Kota mengambil keputusan dilakukan penundaan pemungutan suara di TPS tersebut yang akan dilaksana pemungutan suara ulang atau pemungutan suara atau pemungutan waktu yang nanti akan ditentukan karena situasinya memang belum memungkinkan,” jelasnya.

Dia melanjutkan bahwa langkah itu sesuai peraturan KPU Nomor 25 tahun 2023 tentang pemungutan dan penghitungan suara di TPS pasal 110 ayat 1 juga merujuk Undang-Undang Pemilu nomor 7 tahun 2017.




Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dijelaskan jika ditemukan bahwa sebagian atau seluruh dapil terjadi kerusuhan, gangguan keamanan, bencana alam dan atau gangguan lainnya dilakukan pemungutan suara dan dan atau penghitungan suara susulan.

“Mengakibatkan seluruh tahapan pemungutan suara dan atau penghitungan suara tidak dapat dilaksanakan, maka dilakukan pemungutan suara dan atau penghitungan suara susulan,” pungkasnya.

Baca Juga  Berikut Lokasi SIM Keliling Hari Ini, Buka Sampai Pukul 14.00 WIB : Okezone Megapolitan

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *