Hujan di Kelapa Gading Jakut Masuk Kategori Ekstrem, Ini Pemicunya : Okezone Megapolitan

JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan intensitas hujan di wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara masuk kategori ekstrem. Hal ini berdasarkan pantauan hujan dari BMKG sejak tanggal 24 hingga 29 Februari 2024.

“Intensitas curah hujan pada kategori ekstrem terjadi di wilayah DKI Jakarta (Kelapa Gading),” ungkap Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto dalam keterangan resminya, Kamis (29/2/2024).

Guswanto mengatakan, khusus wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), peningkatan curah hujan terpantau sejak 27 Februari 2024.

“Intensitas curah hujan pada kategori ekstrem mencapai 157,4 mm per hari di Kelapa Gading pada tanggal 28 Februari 2024, disusul dengan hujan kategori sangat lebat di wilayah Tanjung Priok, Pulo Gading, dan Sunter Timur pada tanggal yang sama,” kata Guswanto.

Guswanto menjelaskan, kondisi hujan di wilayah Jabodetabek ini dipicu aktivitas gelombang Rossby Ekuatorial di selatan Pulau Jawa bagian barat dan peningkatan kecepatan angin di sekitar wilayah Kepulauan Bangka Belitung dan Selat Karimata, yang kemudian membentuk pola perlambatan, pertemuan, dan belokan angin di sekitar wilayah Jawa bagian barat.

“Secara umum perlu diwaspadai dalam sepekan kedepan masih terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan – lebat yang disertai kilat atau angin kencang di wilayah Jabodetabek pada tanggal 1 sampai 8 Maret 2024,” ujar Guswanto.





Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara itu, dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan sejumlah ruas jalan tergenang banjir.

Baca Juga  Eks Terdakwa Korupsi Waris Halid Diprediksi Jadi Senator DPD RI : Okezone Nasional

“Sejumlah wilayah itu diantaranya di Jakarta Utara dan Jakarta Pusat dengan ketinggian 10 – 25 cm serta di Jakarta Barat setinggi 30 cm pada tanggal 28 dan 29 Februari 2024,” katanya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *