Dampak Serangan Iran ke Israel, Menteri ESDM Hitung Dampak Kenaikan Harga BBM : Okezone Economy

JAKARTA – Menteri ESDM Arifin Tasrif mengungkap dampak perang Iran vs Israel terhadap harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia.



“Kalau USD1 (harga minyak) naik itu kan ada balance antara pendapatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan pengeluaran subsidi dan kompensasi, jadi kalau sama BBM ini naiknya luar biasa,” jelas Arifin ditemui usai rapat terbatas (ratas) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Selain itu, Arifin menuturkan, setiap kenaikan harga minyak per US$1, maka subsidi dan kompensasi untuk BBM bisa naik sekitar Rp3,5 sampai Rp4 triliun.

“Belum lagi kalau Rupiah tiap naik USD1, Rp100 rupiah juga cukup besar. Makanya kita harus hemat energi, efisiensi energi ini harus terus di canangkan di kerjain dan diprogramkan,” tutur Arifin.

Oleh sebab itu Arifin berharap agar eskalasi konflik antara Iran dan Israel ini tidak berkelanjutan karena bisa mengerek harga minyak tersebut.

“Jangan sampai eskalasi berkelanjutan makanya, semua negara-negara berupaya supaya jangan terjadi eskalasi berkelanjutan,” tegas Arifin.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dalam kesempatan ini, Arifin juga memastikan harga BBM di Indonesia tidak akan naik hingga Juni 2024 meski saat ini harga minyak dunia sedang bergejolak imbas memanasnya konflik di Timur Tengah tersebut.

Arifin juga menjamin bahwa stok BBM sampai saat ini juga masih dalam kondisi aman. Oleh karena ia berharap agar tidak ada eskalasi konflik Iran dan Israel.

Baca Juga  Ditahan Bayern Munich 2-2, Carlo Ancelotti Justru Senang Real Madrid Terhindar dari Kekalahan : Okezone Bola

“Sekarang kita tahan, sementara stok aman. Tapi kita lihat perkembangannya ke depan, ya mudah-mudahan tidak ada eskalasi konflik Iran-Israel,” pungkas Arifin.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *