Berikut 18 Provinsi Bakal Dilanda Hujan Lebat Imbas 3 Bibit Siklon Tropis : Okezone Nasional

JAKARTA – Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bakal melanda sejumlah wilayah di Indonesia hingga 18 Maret 2024. Potensi hujan ini diakibatkan oleh sejumlah faktor.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menjelaskan, penyebab cuaca berpotensi hujan itu diakibatkan dua faktor. Pertama, adanya aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial yang terpantau dan diprediksi aktif di wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

“Kedua, adanya tiga Bibit Siklon Tropis, yaitu Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P termonitor berada di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia menunjukkan pengaruh terhadap wilayah Indonesia bagian selatan,” kata Dwikorita saat jumpa pers secara virtual, Kamis (14/3/2024).

Dwikorita menyampaikan perkembangan terkini BMKG terhadap tiga Bibit Siklon Tropis tersebut. Pertama, Bibit Siklon Tropis 91S memiliki kecepatan angin maksimum 30-35 knots (56 – 65 km/jam), tekanan udara di pusat sistem sebesar 994 hPa, pergerakan ke arah tenggara, dan peluang untuk menjadi Siklon Tropis pada kategori sedang hingga tinggi dalam 24 jam ke depan.

Sementara Bibit Siklon Tropis 94S, kata Dwikorita, memiliki kecepatan angin maksimum 15 – 20 knots (28 – 37 km/jam), tekanan udara di pusat sistem sebesar 999.9 hPa, pergerakan ke arah timur-tenggara, dan peluang untuk menjadi Siklon Tropis pada kategori rendah dalam 24 jam ke depan.

Sedangkan Bibit Siklon Tropis 93P, kata Dwikorita, memiliki kecepatan angin maksimum 20 – 25 knots (37 – 46 km/jam), tekanan udara di pusat sistem sebesar 1003 hPa, pergerakan ke arah tenggara, dan peluang untuk menjadi Siklon Tropis pada kategori rendah dalam 24 jam ke depan.

Baca Juga  Lewat Trending Star, Iris Graciella Tebar Pengaruh Positif dari Atas Panggung : Okezone Celebrity

Kendati ada fenomena alam tersebut, Dwikorita berkata, BMKG memprediksi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/angin kencang pada sebagian wilayah Indonesia. Bahkan, kata Dwikorita, potensi hujan bisa terjadi hingga 18 Maret 2024.

Adapun wilayah yang diperkirakan akan dilanda hujan akibat fenomena alam ini sebagai berikut:

1. Bengkulu

2. Lampung

3. Banten

4. Jawa Barat

5. DKI Jakarta

6. Jawa Tengah





Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

7. DI Yogyakarta

8. Jawa Timur

9. Bali

10. Nusa Tenggara Barat

11. Nusa Tenggara Timur

12. Kalimantan Tengah

13. Kalimantan Timur

14. Kalimantan Utara

15. Sulawesi Selatan

16. Maluku

17. Papua Barat

18. Papua

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *