Berapa Minimal Penghasilan untuk KPR? : Okezone Economy

Berita57 Dilihat

JAKARTA – Berapa minimal penghasilan untuk KPR? Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan produk pinjaman atau pembiayaan bagi seseorang yang menginginkan rumah tetapi tak memiliki dana tunai.

Produk ini biasanya banyak diminati oleh karyawan kantoran atau pabrik dan pasangan suami istri yang mendambakan kediaman pribadi yang nyaman.

KPR ini merupakan program pembelian rumah dari pemerintah yang diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Program KPR terbagi menjadi dua, yakni KPR subsidi dan KPR nonsubsidi. Masing-masing program tersebut telah memiliki ketentuan mengenai syarat minimal gaji. Hal ini dimaksudkan agar program tersebut tepat sasaran.

Jadi, berapa minimal penghasilan untuk KPR?

Berikut daftar minimal gaji KPR rumah baru yang telah dirangkum Okezone, Senin, (25/9/2023).

Untuk KPR rumah subsidi sudah dikhususkan bagi keluarga yang mendapatkan gaji minimal Rp4 juta sampai dengan Rp7 juta per bulannya. KPR subsidi ini memang ditujukan untuk pekerja dengan upah pendapatan rendah.


Follow Berita Okezone di Google News


Dengan harapan semua calon penghuni dengan pendapatan Rp4 juta per bulan dapat memiliki rumah yang layak dan nyaman. Dikarenakan program KPR subsidi ini harus tepat sasaran, maka setiap penghuninya melaporkan slip gaji pendapatan dan dilarang untuk memanipulasi.

Adapun, program KPR nonsubsidi yang tidak tertulis gaji minimal pada proses pengajuan KPR. Namun, lembaga atau perbankan biasanya memberikan persyaratan yang cukup ketat. Biasanya pihak bank akan meninjau profil pekerjaan pihak yang mengajukan program ini.

Tidak sembarang orang yang dapat mengajukan program KPR nonsubsidi. Pasalnya, harga dan suku bunga terbilang normal dan tidak mendapatkan subsidi atau mendapat potongan.

Baca Juga  Kenapa Kanker Paru Tidak Bergejala seperti yang Dialami Mendiang Kiki Fatmala? : Okezone health

Biasanya, jika anda seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa dengan mudah untuk mengajukan KPR non subsidi ini. Jadi, bisa dikatakan gaji Rp5 juta bisa membeli rumah dengan skema ini.

Nah, ulasan ini memberikan gambaran berapa minimal penghasilan untuk mengambil program KPR. Sebelum mengajukan program KPR ada baiknya anda memeriksa budget dan memastikan kembali tingkat bunga pada KPR.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *