7 Oleh-Oleh Khas Jakarta buat Persiapan Mudik Lebaran, Jangan Lupa Diborong! : Okezone Travel

BEBERAPA oleh-oleh khas Jakarta buat persiapan mudik lebaran ini patut Anda pertimbangkan.

Ya, bulan Ramadhan identik dengan mudik Lebaran yang memang telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia.

Terlebih jika sudah memasuki pertengahan Ramadhan, maka sebagian orang sudah mulai sibuk mempersiapkan pulang kampung.

Selain mempersiapkan moda transportasi, umumnya para pemudik juga menyiapkan oleh-oleh untuk sanak saudara, terutama bagi mereka yang merantau di ibu kota. Ada beberapa pilihan oleh-oleh khas Jakarta yang bisa menjadi buah tangan saat mudik lebaran.

Nah, berikut Okezone rangkumkan tujuh oleh-oleh khas Jakarta yang bisa Anda bawa pulang ke kampung halaman.

(Foto: Shopee)

1. Telur Gabus Keju

Kue yang dibuat dari tepung, telur, dan keju ini juga sama dengan kue kembang goyang. Telur Gabus Keju sejatinya mudah dijumpai di beberapa tempat, namun akan terasa semakin nikmat jika dibawa langsung dari daerah asalnya. Memiliki rasa yang gurih dan renyah tentu membuat kue ini cocok dijadikan oleh-oleh.

2. Kue Akar Kelapa

Terbuat dari tepung ketan, tepung beras, dan santan, kue akar kelapa memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah. Tentu membuat kue yang satu ini cocok menjadi camilan saat Lebaran.

3. Bir Pletok

Minuman khas Betawi ini mungkin sudah tak asing lagi bagi sebagian orang. Meski namanya bir pletok, namun minuman ini tidak memabukan lantaran tidak mengandung alkohol.

Bir Pletok

(Foto: Bir Pletok Mpok Nini)

Justru minuman tradisional ini terbuat dari beragam rempah seperti jahe, daun pandan wangi, dan serat. Menyehatkan bukan? Tak heran jika minuman ini kerap jadi pilihan oleh-oleh.

4. Dodol Betawi

Olahan dodol memang menjadi salah satu makanan khas yang selalu ada saat Lebaran. Makanan dengan rasa yang manis dan legit ini rupanya di setiap daerah berbeda-beda, salah satunya adalah Dodol Betawi.

Baca Juga  5 Potret Asnawi Mangkualam, Kapten Timnas yang Diisukan Beri Gelang Dior untuk Fuji : Okezone Lifestyle

Berbeda dengan dodol dari daerah lain, dodol khas Jakarta ini memiliki tekstur yang lebih kenyal. Sehingga patut untuk dijadikan buah tangan saat mudik Lebaran.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Kue Semprong

Ada juga oleh-oleh Lebaran yang berasal dari Jakarta lainnya, yakni kue semprong. Kue kering dengan cita rasa yang manis dan gurih ini menjadi satu kue andalan di meja saat Hari Raya tiba. Terbuat dari telur, tepung beras, tepung tapioka, gula, santan, mentega, dan bubuk kayu manis, kue ini kemudian dicetak silinder.

6. Biji Ketapang

Biji Ketapang termasuk salah satu kue Lebaran yang banyak disukai lantaran rasanya yang gurih dan manis.

Biji Ketapang

(Foto: Cookpad)

Disebut Biji Ketapang sebab kue ini memiliki bentuk yang kecil dan sedikit lonjong, seperti biji buah ketapang. Kue khas Betawi ini cocok menjadi oleh-oleh mudik untuk keluarga di kampung halaman.

7. Roti Buaya

Makanan khas dari Jakarta yang umum ada dalam acara pernikahan adat Betawi ini juga bisa menjadi oleh-oleh Lebaran. Roti dengan bentuk buaya ini memiliki tekstur yang sangat lembut. Seiring berkembangnya zaman, roti buaya memiliki beragam isian, mulai dari keju, cokelat, hingga stroberi.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *